RPP
MPBM
EDISI PENGEMBANGAN KARAKTER
Oleh :
Daeng Rahmatullah (085514244)
S1 TTL 2008
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2010
Kata Pengantar
Contoh perangkat RPP ini dibuat untuk dapat dijadikan contoh bagipara guru, khususnya guru SMK untuk mengembangkan perangkat RPP materi pembelajarang yang lainnya. Selain itu digunakan dibuat sebagai panduan dalam pembelajaran untuk hasil belajar kognitif, psikomotor, dan afektif. Hasil belajar kognitif terdiri dari produk dan proses, sedangkan hasil belajar afektif terdiri dari perilaku berkarakter dan keterampilan sosial. Sehingga perangkat RPP ini bernuansa keterampilan berfikir, perilaku berkarakter, dan keterampilan sosial.
Isi perangkat RPP selengkapnya ini terdiri dari Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi, Silabus, RPP, LKS dan Kunci LKS, Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian, LP 1: Produk dan Kunci LP 1: Produk, LP 2: Proses, LP 3:Psikomotor, LP 4: Format Pengamatan Perilaku Berkarakter, dan LP 5: Format Pengamatan Keterampilan Sosial.
Mudah-mudahan perangkat RPP ini dapat memberi kemudahan guru mengajar keterampilan berfikir, keterampilan sosial, dan perilaku berkarakter serta memberi kemudahan siswa belajar dan belajar dengan cara menyenangkan.
Surabaya, Desember 2010
penulis
SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 2 Surabaya
MATA PELAJARAN : Pemasangan Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga
KELAS/ SEMESTER : X/2
STANDAR KOMPETENSI : Pemasangan Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga
Kommpetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Instrumen | ||||||
Menguji coba instalasi penerangan dan tenaga | Menggunakan alat ukur listrik dan elektronika | Mendiskusikan perngaruh banyak beban terhadap arus dan fungsi dan cara kerja amperemeter Merancang dan melaksanakan percobaan sederhana untuk menyelidiki hubungan antara banyak beban yang dipasang dengan besar arus yang mengalir Merangkai alat ukur amperemeter pada KIT Instalasi Listrik Sederhana dan membaca nilai penunjukan amperemeter | Ø Produk : 1. Menyebutkan rumus hubungan beban dan arus 2. Menerapkan rumus hubungan beban dan arus 3. Menjelaskan fungsi dan cara kerja amperemeter Ø Proses : 1. Merancang dan merencanakan eksperimen untuk menyelidiki hubungan antara banyak beban yang dipasang dengan arus yang mengalir Ø Psikomotor : 1. Memasang amperemeter pada KIT Instalasi Listrik Sederhana. 2. Mengukur arus listrik pada KIT Instalasi Listrik Sederhana dengan amperemeter 3. Membaca nilai penunjukan pada amperemeter. Ø Perilaku Berkarakter : 1. Jujur, peduli, dan tanggung jawab Ø Keterampilan sosial : 1. bertanya, menyumbang ide atau pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomonikasi | Tes Tes Tes Pengamatan Pengamatan | Tes tertulis Asesmen kinerja proses Asesmen kinerja psikomotor Pengamatan perilaku berkarakter Pengamatan keterampilan sosial | LP 1 : Produk LP 2 : Proses LP 3 : psikomotor LP 4 : Pengamatan perilaku berkarakter LP 5 : Pengamatan keterampilan sosial | 2 x 45 menit | 1. LKS SMK : Pengaruh Banyak Beban Terhadap Arus 2. Kunci LKS SMK : Pengaruh Banyak Beban Terhadap Arus 3. Transparansi Gambar Instalasi Laboratorium dan R.Terstruktur 4. LP 1: Produk Dilengkapi kunci 5. LP 2: Proses 6. LP 3: Psikomotor 7. LP 4: Pengamatan perilaku berkarakter 8. LP 5 :Pengamatan Keterampilan Sosial 9. Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian 10. Silabus |
Daftar Pustaka
SMK Negeri 2 Surabaya.2008.Kuikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMK Negeri 2 Surabaya.
RPP SMK: Menggunakan alat ukur listrik dan elektronika
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 2 Surabaya
Bidang Keahlian : Teknik Pemanfaatan Tenaga Linstrik
Mata Pelajaran : Pemasangan Instalasi Listrik Penerangan Dan Tenaga
Kelas/Semester : Kelas X Semester 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
___________________________________________________________________________
I. Standar Kompetensi : Pemasangan Instalasi Listrik Penerangan Dan Tenaga
II. Kompetensi Dasar : Menguji Coba Instalasi Penerangan dan Tenaga
III. Indikator
- Kognitif
1. Produk:
a) Menyebutkan rumus hubungan beban dan arus
b) Menerapkan rumus hubungan beban dan arus
c) Menjelaskan fungsi dan cara kerja amperemeter
2. Keterampilan Proses:
a) Merancang dan merencanakan eksperimen untuk menyelidiki hubungan antara banyak beban yang dipasang dengan arus yang mengalir
b. Psikomotor
1. Memasang amperemeter pada KIT Instalasi Listrik Sederhana.
2. Mengukur arus listrik pada KIT Instalasi Listrik Sederhana dengan amperemeter
3. Membaca nilai penunjukan pada amperemeter.
c. Afektif
1. Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi: jujur, peduli, dan tanggung jawab
2. Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi: bertanya, menyumbang ide atau pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomonikasi
IV. Tujuan Pembelajaran:
- Kognitif
1. Produk:
a) Secara mandiri dan tanpa bahan ajar, siswa dapat menyebutkan rumus hubungan beban dan arus di LP 1: Produk, sesuai kunci jawaban LP1.
b) Secara mandiri siswa dapat menerapkan rumus hubungan beban dan arus pada soal-soal di LP 1: Produk, sesuai kunci jawaban LP1.
c) Secara madiri siswa dapat menjelaskan fungsi dan cara kerja amperemeterr di LP 1: Produk, sesuai kunci jawaban LP1.
2. Keterampilan Proses:
a) Diberikan alat dan bahan, serta LKS SMK siswa dapat melakukan eksperimen untuk menyelidiki hubungan banyak beban yang dipasang terhadap arus yang mengalir sesuai rincian tugas kinerja yang ditentukan di LP 2: Proses, meliputi: merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel manipulasi, mengidentifikasi variabel kontrol, merumuskan difinisi operasional variabel, melaksanakan eksperimen, membuat tabel pengamatan, melakukan analisis data, dan merumuskan kesimpulan.
b. Psikomotor:
1. Diberikan LKS SMK serta alat dan bahan yang dibutuhkan, siswa dapat memasang amperemeter pada KIT Instalasi Listrik Sederhana sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan pada LP 3: Psikomotor.
2. Diberikan LKS SMK serta alat dan bahan yang dibutuhkan, siswa dapat mengukur arus listrik pada Kit Instalasi Listrik Sederhana dengan amperemeter sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan pada LP 3: Psikomotor.
3. Diberikan LKS SMK serta alat dan bahan yang dibutuhkan, siswa dapat membaca nilai penunjukan pada amperemeter sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan pada LP 3: Psikomotor.
c. Afektif
1. Perilaku berkarakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, siswa dapat menunjukkan perilaku berkarakter meliputi: kejujuran, peduli, dan tanggung jawab sesuai LP 4: Pengamatan Perilaku Karakter.
2. Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, siswa dapat menunjukkanketerampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomonikasi sesuai LP 5: Keterampilan Sosial.
V. Materi Ajar
1. Beban dan Arus Listrik
VI. Alokasi Waktu
2 x 45 Menit
VII. Model dan Metode Pembelajaran:
Model Pembelajaran : Model Pembelajaran berdasarkan masalah (MPBM) dengan menngunakan strategi belajar menggaris bawahi.
Metode Pembelajaran : Demonstrasi, Tanya-jawab, dan Pemberian tugas.
VIII. Kegiatan Pembelajaran
A. Pendahuluan
Kegiatan | Penilaian oleh Pengamat | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1) Memotivasi Siswa dengan menunjukkan transparansi yang bergambar Instalasi Penerangan Laboraturium dan Ruang Terstruktur beserta rekapitulasinya. Memberikan orientasi masalah dengan mengajukan pertanyaan berapa besar arus yang mengalir? Berapa besar MCB yang harus digunakan? (Fase 1 MPBM) 2) Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran kognitif, psikomotor, dan afektif. (Fase 1 MPBM) | | | | |
B. Inti
Kegiatan | Penilaian oleh Pengamat | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
Penggalan 1 1) Menyajikan informasi tentang dbeban dan arus listrik dengan mengacu pada buku siswa (fase 2 MPBM) 2) Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif dan membagikan LKS SMK itu satu LKS tiap kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5-6 siswa (Fase 2 MPBM) 3) Membimbing siswa melaksanakan strategi belajar menggaris bawahi ide-ide penting tentang beban dan arus listrik yang terdapat dalam buku siswa. (Fase 4 MPBM) 4) Satu –dua kelompok menulis ide-ide penting itu dipapan tulis dan mengkomonikasikan pekerjaannya kepada kelas untuk memberi kemudahan pada guru melakukan evaluasi formatif dan memberi kesempatan kepada siswa lain untuk belajar menjadi pendengar yang baik. Penggalan 2 5) Membimbing siswa merumuskan hipotesis dan mengidentifikasi variabel respon, variabel manipulasi, dan variabel kontrol dengan mengacu pada LKS SMK.ditekankan perlunya untuk aktif menyumbang ide dan berpendapat dalam tugas merumuskan hipotesis dan mengidentifikasi variabel ini. (Fase 2 MPBM) 6) Membimbing siswa merumuskan definisi operasional variabel. Ditekankan untuk aktif menyumbang ide dan berpendapat dalam tugas merumuskan definisi operasional variabel ini. (Fase 2 MPBM) Penggalan 3 7) Membimbing kelompok melaksanakan eksperimen menggunakan KIT Instalasi Listrik Sederhana serta komponen lainya sesuai prosedur yang tertulis di LKS SMK itu dan mengisikan nilai penunjukan amperemeter itu pada kolom yang sesuai pada Tabel 1 di LKS. Bila ada siswa menunjukkan perilaku tidak peduli atau menunjukkan perilaku tidak bertanggung jawab segera diingatkan. (Fase 3 MPBM) 8) Membimbing siswa mengisi kolom nilai penunjukan amperemeter. Tekankan perlunya jujur dalam melakukan pengamatan dan mencatat hasil pengamatan itu di dalam Tabel 1. (Fase 3 MPBM) 9) Membimbing kelompok melakukan analisis data dan merumuskan kesimpulan dengan mengacu pada LKS SMK itu. Ditekankan perlu bertanggung jawab dan mendengarkan ide teman dalam tugas anlisis ini. (Fase 3 MPBM) Penggalan 4 10) Membimbing kelompok untuk merencanakan dan menyiapkan laporan presentasi. Diingatkan agar aktif menyumbang ide atau berpendapat, jujur dalam melaporkan hasil pengamatan, serta ikut bertanggung jawab. (Fase 4 MPBM) 11) Satu-dua kelompok diminta maju ke depan dan mengkomonikasikan pekerjaannya kepada kelas untuk memberi kemudahan guru memberi evaluasi formatif dan memberi kesempatan siswa lain untuk menyumbang ide dan belajar menjadi pendengar yang baik. (Fase 4 MPBM) 12) Membimbing siswa menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. (Fase 5 MPBM) | | | | |
C. Penutup
Kegiatan | Penilaian oleh Pengamat | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1) Dengan melibatkan siswa, menutup pelajaran dan memberi PR mencari tahu bagaimana hubungan antara penambahan jumlah beban terhadap arus yang mengalir menggunakan KIT Instalasi Listrik Sederhana yang dirangkai sendiri. | | | | |
IX. Penilaian Hasil Belajar
- Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian
- LP 1: Produk
- LP 2: Proses
- LP 3: Psikomotor
- LP 4: Format Pengamatan Keterampilan Karakter
- LP 5: Format Pengamatan Keterampilan Sosial
X. Sumber Pembelajaran
1. LKS SMK: Pengaruh Banyak Beban Terhadap arus
2. Kunci LKS SMK: Pengaruh Banyak Beban Terhadap arus
3. Buku siswa: Beban dan Arus Listrik
4. Transparansi : Instalasi Penerangan Laboratorium dan Ruang Terstruktur
5. KIT Instalasi Listrik Sederhana
6. Amperemeter AC
7. Lampu pijar 25 watt
8. Lampu pijar 40 watt
9. Lampu pijar 60 watt
10. Lampu pijar 75 watt
11. Silabus
Daftar Pustaka
.Tt.Performance Assesment In The Scie Classroom. New York :Glencoe Mcgraw-Hil
.2000. Inquiry Skills Activity Book. Upper Sddle River, New Jerses: Prentice Hall.
Bell, Randy L. 2000.Teaching The Nature Of Science Thourgh Process Skil Activities For Grades 3 – 8. Printed In The United State Of America : Pearson Edukation.
.
Yeap Tok Kheng. 2008. Science Proceess Skills From 1. Rawang, Selangor Darul Ehsan : Vivar Printing Sdn. Bhd, Pearson, Longman.
LKS SMK : PENGARUH BANYAK BEBAN TERHADAP ARUS
Eksperimen Tidak Dibimbing - Inkuiri Penemuan
Amperemeter
Amperemeter adalah alat pengukur arus listrik ac atau dc. Besar satuan yang di ukur oleh alat ini dinyatakan dalam ampere.
Gambar 1. Amperemeter AC(Sumber : alat ukur listrik; 2010)
Untuk menggunakan Amperemeter cukup dengan cara menghubungkan seri amperemeter dengan rangkaian.
Rangkaian Instalasi Listrik Sederhana Sederhana
Instalasi listrik yang biasa digunakan dirumah menggunakan rangkain paralel. Agar beban mendapatkan tegangan yang sama. Contoh gambar instalasi listrik sederhana pada Gambar 2 berikut ini:
Gambar 2. Rangkaian Instalasi Listrik Sederhana
Penambahan beban lampu pada rangkaian paralel akan mempengaruhi nilai arus pada rangkaian. Sehingga dapat diambil kesimpulan, setiap penambahan beban pada suatu rangkaian, maka akan diikuti penambahan nilai arus pula.
RUMUS YANG BERLAKU PADA INSTALASI LISTRIK
|
Keterangan:
V = Tegangan (Volt)
I = Arus (Ampere)
P = Daya (Ohm)
Tujuan : Menyelidiki pengaruh banyak beban terhadap besar arus pada rangkaian instalasi litrik.
Daftar Bahan
1. Kit instalasi listrik sederhana.
2. Kabel penghubung secukupnya
2. Lampu pijar 25 watt, 40 watt, 60 watt, 75 watt
Daftar Alat
1. Amperemeter AC
Rumusan Masalah (KPS 2)
Bagaimana pengaruh banyak beban terhadap besar arus pada rangkaian ?
Hipotesis (KPS 19)
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
Variabel (KPS 18)
Variabel manipulasi : ......................................................................
Variabel responya : .......................................................................
Variabel kontrol : .......................................................................
Definisi Operasional Variabel (KPS 17)
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
Rencana Eksperimen (KPS 20) :
Kamu diminta merencanakan dan melaksanakan eksperimen untuk mempelajari pengaruh banyak beban terhadap Arus pada instalasi listrik seperti ditunjukan pada Gambar 3 berikut ini.
Gambar 3. Rangkaian Insatalasi
Daftar langkah-langkah/prosedur yang kamu buat dan rakitan rangkaianmu harus disetujui oleh gurumu sebelum eksperimen itu dilaksanakan.
Prosedur (KPS 20) :
- Siapkan kit instalasi listrik sederhana, seluruh alat, dan bahan sesuai dengan yang dibutuhkan.
- Rakitlah semua alat dan bahan sesuai dengan Gambar 3.
- Konsultasikan pada gurumu untuk memastikan rakianmu benar.
- Sambungkan pada sumber 220 Volt.
- Pasang lampu 45 watt pada L1
- ONkan saklar untuk mengaktifkan rangkaianmu kemudian baca dan catat penunjukan Amperemeter AC pada Tabel 1.
- OFFkan saklar untuk mematikan rangkaian, kemudian tambahkan beban lampu 40 watt dipasang pada L2, ONkan saklar lalu baca dan catat penunjukan Amperemeter AC pada Tabel 1.
- Ulangi langkah 7 untuk menambahkan lampu 60 watt dan 75 watt yang dipasang pada L3 dan L4 secara berurutan.
- Gambarlah grafik berdasarkan hasil pengamatan pada Tabel 1.
Pengamatan (KPS 1; KPS 10; KPS 11):
Tabel 1. Hubungan Beban dan Arus Pada Rangkaian Instalasi
Percobaan | Beban(watt) | Arus |
1 | 25 | ..... |
2 | 25+40 | ..... |
3 | 25+40+60 | ..... |
4 | 25+40+60+75 | ..... |
Arus (Ampere) |
Beban(watt) |
Gambar 4. Grafik Hubungan Beban dan Arus Pada Rangkaian instalasi listrik
Analisis (KPS 16) :
1. Dari data diatas menunjukkan apabila jumlah beban ........... , maka arus yang mengalir ............
2. Pada instalasi berlaku rumus .... yang artinya besarnya arus (I) berbanding lurus dengan ....... yang dipakai oleh beban.
Kesimpulan (KPS 23)
- Apakah hipotesis dapat diterima?
....................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
....................................................................................................................................................................................................................................................................................
Penerapan Dalam Kehidupan Sehari-Hari :
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Daftar Pustaka
.Tt.Performance Assesment In The Scie Classroom. New York :Glencoe Mcgraw-Hil
.2000. Inquiry Skills Activity Book. Upper Sddle River, New Jerses: Prentice Hall.
Bell, Randy L. 2000.Teaching The Nature Of Science Thourgh Process Skil Activities For Grades 3 – 8. Printed In The United State Of America : Pearson Edukation.
.
Yeap Tok Kheng. 2008. Science Proceess Skills From 1. Rawang, Selangor Darul Ehsan : Vivar Printing Sdn. Bhd, Pearson, Longman.
KUNCI LKS SMK : PENGARUH BANYAK BEBAN TERHADAP ARUS
Eksperimen Tidak Dibimbing - Inkuiri Penemuan
Amperemeter
Amperemeter adalah alat pengukur arus listrik ac atau dc. Besar satuan yang di ukur oleh alat ini dinyatakan dalam ampere.
Gambar 1. Amperemeter AC(sumber : alat ukur listrik;2010)
Untuk menggunakan Amperemeter cukup dengan cara menghubungkan seri amperemeter dengan rangkaian.
Rangkaian Instalasi Listrik Sederhana Sederhana
Instalasi listrik yang biasa digunakan dirumah menggunakan rangkain paralel. Agar beban mendapatkan tegangan yang sama. Contoh gambar instalasi listrik sederhana pada Gambar 2 berikut ini:
Gambar 2. Rangkaian Instalasi Listrik Sederhana
Penambahan beban lampu pada rangkaian paralel akan mempengaruhi nilai arus pada rangkaian. Sehingga dapat diambil kesimpulan, setiap penambahan beban pada suatu rangkaian, maka akan diikuti penambahan nilai arus pula.
RUMUS YANG BERLAKU PADA INSTALASI LISTRIK
|
Keterangan:
V = Tegangan (Volt)
I = Arus (Ampere)
P = Daya (Ohm)
Tujuan : Menyelidiki pengaruh banyak beban terhadap besar arus pada rangkaian instalasi litrik.
Daftar Bahan
1. Kit instalasi listrik sederhana
2. Kabel penghubung secukupnya
3. Lampu pijar 25 watt, 40 watt, 60 watt, 75 watt
Daftar Alat
1. Amperemeter AC
Rumusan Masalah (KPS 2)
Bagaimana pengaruh banyak beban terhadap besar arus pada rangkaian ?
Hipotesis (KPS 19) :
Jika jumlah beban diperbanyak maka semakin besar arus yang mengalir pada rangkaian.
Variabel (KPS 18) :
Variabel manipulasi : banyak beban
Variabel responya : besar arus
Variabel control : panjang kabel penghubung, tegangan sumber 220 Volt, Amperemeter AC
Definisi Operasional Variabel (KPS 17) :
Jumlah beban (variabel manipulasi) dimanipulasi dengan cara menambah jumlah beban dengan daya 25 watt, 40 watt, 60 watt,dan terakhir 75 watt, besar arus yang mengalir pada setiap penambahan beban (variabel respon) diukur dengan Amperemeter AC.
Rencana Eksperimen (KPS 20) :
Kamu diminta merencanakan dan melaksanakan eksperimen untuk mempelajari pengaruh banyak beban terhadap Arus pada instalasi listrik sederhana seperti ditunjukan pada Gambar 3 berikut ini.
Gambar 3. Rangkaian Insatalasi
Daftar langkah-langkah/prosedur yang kamu buat dan rakitan rangkaianmu harus disetujui oleh gurumu sebelum eksperimen itu dilaksanakan.
Prosedur (KPS 20) :
- Siapkan seluruh alat dan bahan sesuai dengan yang dibutuhkan.
- Rakitlah semua alat dan bahan sesuai dengan Gambar 3.
- Konsultasikan pada gurumu untuk memastikan rakianmu benar.
- Sambungkan pada sumber 220 Volt.
- Pasang lampu 45 watt pada L1
- ONkan saklar untuk mengaktifkan rangkaianmu kemudian baca dan catat penunjukan Amperemeter AC pada Tabel 1.
- OFFkan saklar untuk mematikan rangkaian, kemudian tambahkan beban lampu 40 watt dipasang pada L2, ONkan saklar lalu baca dan catat penunjukan Amperemeter AC pada Tabel 1.
- Ulangi langkah 7 untuk menambahkan lampu 60 watt dan 75 watt yang dipasang pada L3 dan L4 secara berurutan.
- Gambarlah grafik berdasarkan hasil pengamatan pada Tabel 1.
Pengamatan (KPS 1; KPS 10; KPS 11):
Tabel 1. Hubungan Beban dan Arus Pada Rangkaian Instalasi listrik
Percobaan | Beban(watt) | Arus |
1 | 25 | 0,1 |
2 | 25+40 | 0,28 |
3 | 25+40+60 | 0,5 |
4 | 25+40+60+75 | 0,9 |
Arus (Ampere) |
Beban(watt) |
Gambar 4. Grafik Hubungan Beban dan Arus Pada Rangkaian instalasi listrik
Analisis (KPS 16) :
i. Dari data diatas menunjukkan apabila jumlah beban ditambah , maka arus yang mengalir semakin besar.
ii. Pada instalasi berlaku rumus yang artinya besarnya arus (I) berbanding lurus dengan daya(P) yang dipakai oleh beban.
Kesimpulan (KPS 23) :
- Apakah hipotesis dapat diterima?
Dapat diterima
- Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
Hipotesis diterima, yaitu Jika jumlah beban diperbanyak maka semakin besar arus yang mengalir pada rangkaian.
Penerapan Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Agar MCB rumah tidak trip diharapkan pemakaian daya tidak melebihi daya yang terpasang. Karena semakin besar daya yang digunakan arus yang mengalir juga semakin besar.
Daftar Pustaka
.Tt.Performance Assesment In The Scie Classroom. New York :Glencoe Mcgraw-Hil
.2000. Inquiry Skills Activity Book. Upper Sddle River, New Jerses: Prentice Hall.
Bell, Randy L. 2000.Teaching The Nature Of Science Thourgh Process Skil Activities For Grades 3 – 8. Printed In The United State Of America : Pearson Edukation.
.
Yeap Tok Kheng. 2008. Science Proceess Skills From 1. Rawang, Selangor Darul Ehsan : Vivar Printing Sdn. Bhd, Pearson, Longman.
Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian
Indikator | LP dan Butir Soal | Kunci LP dan Butir Soal |
Produk: 1. Menyebutkan rumus hubungan beban dan arus 2. Menerapkan rumus hubungan beban dan arus 3. Menjelaskan fungsi dan cara kerja amperemeter | LP 1: Produk Butir soal no 1 Butir soal no 2 dan 3 Butir soal no 4 | Jawaban siswa sesuai dengan Kunci LP 1: produk Butir soal 1,2, 3, dan 4 |
Keterampilan Proses: 1. Merancang dan merencanakan eksperimen untuk menyelidiki hubungan antara banyak beban yang dipasang dengan arus yang mengalir | LP 2 Proses : RTK 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 dan 10 | Dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru. |
Psikomotor : 1. Memasang amperemeter pada KIT Instalasi Listrik Sederhana. 2. Mengukur arus listrik pada KIT Instalasi Listrik Sederhana dengan amperemeter 3. Membaca nilai penunjukan pada amperemeter 1. | LP 3 Psiomotor : RTK 1, 2, 3, dan 4 | Dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru. |
Perilaku Berkarakter : 1. Jujur, peduli, tanggung jawab, toleransi, selalu melakukan yang terbaik, kreatif, terbuka dan mendengarkan pendapat teman, tidak mencela teman dengan kasar, membatu teman yang membutuhkan. | LP 4 Karakter: RTK 1, 2, dan 3 | Seluruh RTK itu minimal memperoleh penilaian menunjukkan kemajuan dan dipercayakan kepada judgement Penilaian/Guru. |
Keterampilan sosial: 1. Bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, komunikasi | LP 5 Keterampilan Sosial:RTK 1, 2, 3, dan 4 | Seluruh RTK itu minimal memperoleh penilaian menunjukkan kemajuan dan dipercayakan kepada judgement Penilaian/Guru. |
Siswa : Kelas :
Tanggal :
LP 1: Produk
Petunjuk
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
- Tuliskan rumus hubungan beban dengan arus !
Gunakan persamaan P=V.I untuk mencari nilai pada soal berikut ini.
- 3 buah lampu yang masing mengkonsumsi daya lampu 25 watt, 40 watt, dan 60 watt dihubung paralel. Ketiga lampu tersebut bekerja pada tegangan 220 vollt. Berapa arus total yang mengalir pada ketiga lampu tersebut ?
Gunakan rekapitulasi berikut ini untuk menjawab pertanyaannya!
- Dari rekapitulasi Instalasi Penerangan Laboratorium dan Ruang Terstruktur diatas. Hitunglah arus total yang mengalir dan besar MCB yang digunakan ?
- Tuliskan fungsi dan cara kerja amperemeter !
Daftar Pustaka
.Tt.Performance Assesment In The Scie Classroom. New York :Glencoe Mcgraw-Hil
Siswa : Kelas :
Tanggal :
Kunci LP 1: Produk
Petunjuk
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
- Tuliskan rumus hubungan beban dengan arus !
Gunakan persamaan P=V.I untuk mencari nilai pada soal berikut ini.
- 3 buah lampu yang masing mengkonsumsi daya lampu 25 watt, 40 watt, dan 60 watt dihubung paralel. Ketiga lampu tersebut bekerja pada tegangan 220 vollt. Berapa arus total yang mengalir pada ketiga lampu tersebut ?
Beban total : 25 + 40 + 60 = 125 W
P= 125 W
V= 220 V
Gunakan rekapitulasi berikut ini untuk menjawab pertanyaannya!
25 A |
Gambar 1. Rekapitulasi Installasi Penerangan Laboratorium dan Ruang Terstruktur
- Dari rekapitulasi Instalasi Penerangan Laboratorium dan Ruang Terstruktur diatas. Hitunglah arus total yang mengalir dan besar MCB yang digunakan ?
Jumlah daya total yang digunakan 4080 W
V= 220 V
MCB yang digunakan kapasitasnya harus lebih besar dari arus listrik yang mengalir pada rangkaian dan yang tersedia dipasaran 25 A
- Tuliskan fungsi dan cara kerja amperemeter !
Fungsi Amperemeter adalah untuk mengukur besar arus listrik yang mengalir pada suatu rangkaian tertutup.
Cara kerjanya yaitu dengan menghubungkan seri amperemeter dengan rangkaian.
Daftar Pustaka
.Tt.Performance Assesment In The Scie Classroom. New York :Glencoe Mcgraw-Hil
Siswa : Kelas :
Tanggal :
LP 2: Proses
Prosedur :
1. Siapkan KIT Instalasi Listrik Sederhana, Amperemeter, dan 4 buah lampu pijar.
Tugas siswa menguji hipotesis: Jika jumlah beban diperbanyak maka semakin besar arus yang mengalir pada rangkaian.
2. Siswa diberi 4 lampu pijar dengan daya masing-masing sebesar 75 watt.
3. Penentuan skor kinerja siswa mengacu pada Format Asesmen Kinerja Proses dibawah ini.
4. Berikan format ini kepada siswa sebelum asesmen dilakukan.
5. Siswa diijinkan mengases kinerja mereka sendiri dengan menggunakan format ini.
Format Asesmen Kinerja Proses
No | Rincin Tugas Kinerja | Skor Maksimum | Skor Asesmen | ||||
Oleh Siswa Sendiri | Oleh Guru | ||||||
1 | Mengidentifikasi variabel control | 10 | | | |||
2 | Mengidentifikasi variabel manipulasi | 10 | | | |||
3 | Mengidentifikasi variabel respon | 10 | | | |||
4 | Merumuskan definisi operasional variabel | 10 | | | |||
5 | Mencatat pembacaan amperemeter pada tabel 1 LKS SMK ketika rangkaian telah dipasang 1 buah lampu pijar 75 watt dan diaktifkan. | 10 | | | |||
6 | Menambah sebuah lampu pijar 75 watt pada rangkaian. Mencatat pembacaan amperemeter pada tabel 1 LKS SMK. | 10 | | | |||
7 | Melakukan lagi langkah 6 dengam menambah sebuah lampu pijar 75 watt, kemudian menambah lagi sebuah lampu pijar 75 watt hingga terpasang 4 buah lampu pijar pada KIT. | 10 | | | |||
8 | Mencatat seluruh pengamatan pada tabel 1 LKS SMK. | 10 | | | |||
9 | Menganalisa data hasil pengukuran dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan analisa pada LKS SMK. | 10 | | | |||
10 | Menarik kesimpulan berdasarkan data pada tabel 1. | 10 | | | |||
Skor Total | 100 | | | ||||
Siswa (.............................................) | | Surabaya, ........................... Guru (.............................................) | |||||
Daftar Pustaka
.Tt.Performance Assesment In The Scie Classroom. New York :Glencoe Mcgraw-Hil
Siswa : Kelas :
Tanggal :
LP 3: Psikomotor
Prosedur :
- Siapkan KIT Instalasi Listrik Sederhana, Amperemeter, dan 4 buah lampu pijar.
- Tugas siswa merakit rangkain sesuai Gambar 3 LKS SMK.
- Penentuan skor kinerja siswa mengacu pada format Asesemen Kinerja Psikomotor dibawah ini.
- Berikan format ini kepada siswa sebelum Asesemen dilakukan.
- Siswa diijinkan mengases kinerja mereka sendiri dengan mengunakan format ini.
Format Asesmen Kinerja Psikomotor
No | Rincin Tugas Kinerja | Skor Maksimum | Skor Asesmen | ||||
Oleh Siswa Sendiri | Oleh Guru | ||||||
1 | Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. | 25 | | | |||
2 | Menghubungkan amperemeter sesuai seperti yang ditunjukkan pada Gambar 3LKS SMK. | 25 | | | |||
3 | Mengecek apakah amperemeter sudah terpasang dengan benar. | 25 | | | |||
4 | Menghubungkan seluruh alat dan bahan seperti ynag ditunjukan pada Gambar 3 LKS SMK sampai rangkaian bekerja. | 25 | | | |||
Skor Total | 100 | | | ||||
Siswa (.............................................) | | Surabaya, ............................ Guru (.............................................) | |||||
.Tt.Performance Assesment In The Scie Classroom. New York :Glencoe Mcgraw-Hil
Siswa : Kelas :
Tanggal :
LP 4 Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
Petunjuk :
Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, rangkinglah perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan perbaikan
C = Menunukkan kemajuan
B = Memuaskan
A = Sangat baik
Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
No | Rincian Tugas Kinerja (RKT) | Memerlukan perbaikan (D) | Menunjukkan kemajuan (C) | Memuaskan (B) | Sangat baik (A) |
1. | Jujur | | | | |
2. | Peduli | | | | |
3. | Tanggung jawab | | | | |
Surabaya, .....................2010 Pengamat (.............................................) |
.Tt.Performance Assesment In The Scie Classroom. New York :Glencoe Mcgraw-Hil
Siswa : Kelas :
Tanggal :
LP 5: Format Pengamatan Keterampilan Sosial
Petunjuk :
Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, rangkailah kinerja siswa menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan perbaikan
C = Menunukkan kemajuan
B = Memuaskan
A = Sangat baik
Format Pengamatan Keterampilan Sosial
No | Rincian Tugas Kinerja | Memerlukan perbaikan (D) | Menunjukkan kemajuan (C) | Memuaskan (B) | Sangat baik (A) |
1. | Bertanya | | | | |
2. | Menyumbang ide atau berpendapat | | | | |
3. | Menjadi pendengar yang baik | | | | |
4. | komonikasi | | | | |
Surabaya, ..................... Pengamat (.............................................) |
.Tt.Performance Assesment In The Scie Classroom. New York :Glencoe Mcgraw-Hil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar